Pepaya Amerika yang satu ini memang menggiurkan para sobat muda di alam nyata maupun alam gaib. hehe

bagaimana tidak? soal rasa dijamin joss, soal bentuk jangan ditanya, pasti segar, besar dan menggoda.

“Hayyoo… gek do mbayangke aneh2. dirinso disek kono endhasnya… ben resik.. gur pengen ngekeki info carane budidaya Pepaya Amerika / Kates/ Gandul Amerika. udu liyane yo joo.. “

Advertisement

Kates / Pepaya Amerika merupakan salah satu tanaman Pepaya pada umumnya, Akan tetapi Buah pepaya ini sangat diminati bagi masyarakat karena rasanya manis, dan besar.

Kates Amerika
Buah Kates Amerika

Pepaya (Carica papaya) atau gandul merupakan tumbuhan yang berasal dari genus Carica Meksiko selatan dan sebelah utara Amerika Selatan.

Meksiko Amerika merupakan daerah asal ditemukannya Pepaya Amerika ini

Akan tetapi sekarang ini sudah menyebar ke berbagai negara bagian di dunia, termasuk indonesia salah satunya.

Ya memang Pepaya ini sangat cocok di tanam di iklim tropis dan Indonesia menupakan daerah yang beriklim Tropis.

Syarat Budidaya Tanaman Pepaya Amerika

Faktor lingkungan adalah yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan budidaya tanaman pepaya. Adapun pengaruh dari keadaan iklim dan keadaaan / jenis tanah.

Jika syarat faktor lingkungan ini terpenuhi, maka tanaman budidaya pepaya amerika ini dapat tumbuh dan berkembang dengan subur. dan yang pasti bisa Panen dan menghasilkan Uang. ^ ^

Keadaan Iklim

Sinar matahari, Suhu dan Temperatur, Curah hujan, dan Ketinggian tempat/ dataran merupakan Faktor-faktor iklim yang perlu diperhatikan agar tanaman pepaya dapat tumbuh baik.

Sinar Matahari

Pepaya Amerika membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam pertumbuhannya. Pohon pepaya Amerika jika ditanam pada tempat yang terlindung (ditutup) maka batangnya tumbuh dengan ukuran kecil dan buahnya juga berukuran kecil-kecil dan banyak yang rontok.

Suhu atau Temperatur

Kondisi suhu minimum yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman pepaya yaitu sekitar 15° C. sedangkan suhu maksimum sekitar 36° C. Jika suhu lingkungan terlalu rendah dapat mengakibatkan kematian/gagal panen pada tanaman pepaya. Juga sebaliknya, jika suhu lingkungan terlalu tinggi (lebih dari 40° C). Suhu lingkungan sekitar 40° C merupakan titik kritis bagi tanaman pepaya amerika.

Curah Hujan

Dalam masa pertumbuhannya, budidaya tanaman pepaya amerika ini daerah tersebut harus mempunyai curah hujan antara 1.500 mm – 2.000 mm/tahun.

Ketinggian Tempat

Biasanya tanaman pepaya amerika tumbuh pada ketinggian 0 – 1.000 meter dpl.

Cara Pembibitan dan Penyemaian

Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu melakukan pembibitan atau penyemaian. Pemilihan biji harus dari buah pepaya California (Pepaya Amerika) yang matang langsung pada pohonnya. Untuk Cara Penyemaian Pepaya California atau Pepaya Amerika ini, bisa diikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Siapkan bibit biji-biji pepaya California (bisa beli/mencari sendiri). rendam dalam air selama satu malam. Besoknya, ambil biji pepaya yang tenggelam untuk benih yang akan ditanam, yang mengambang buang.
  • Bungkus biji tersebut atau istilahnya diperam dengan kertas koran atau kain basah selama sekitar satu minggu. Setelah satu minggu biji-biji tersebut siap untuk disemaikan.
  • Gunakan polybag untuk penyemaiannya, masukkan tanah halus dicampur dengan pupuk kompos( 2 : 1).
  • Letakkan benih Pepaya ke dalam tanah diatasnya ditutup tanah yang tipis saja dan jangan lupa disiram dengan air secukupnya serta di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Biasanya bibit pepaya ini baru bisa ditanam setelah usia 1 sampai 1,5 bulan.

Tempat dan Lokasi Penanaman

Tanah Gembur

  • Coba dibrujul/ dicangkul bolak balik tanahnya untuk mengurangi unsur hara.
  • Bersihkan lahan dari suket yang tumbuh di area sekitar lahan.
  • Buat galengan (gundukan) jika menanam denga jumlah yang banyak.
  • Pacullah tanah itu sekitar 50 cm dengan jarak sekitar 2,5 m x 2,5 m.
  • Dasari lubang tersebut dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang (dasaran wae).
  • Siram dengan air bersih secukupnya (ojo banyu ngombe, banyu sumur wae).

Cara Penanaman Pepaya California (Pepaya Amerika)

Untuk cara penanaman seperti biasanya dalam menanam biji kedalam lubang, bibit pepaya California bisa secara langsung dijegurkan lubang yg didasari pupuk tadi, satu biji saja tiap lubange, gak usah banyak-banyak. Nandurnya pas sore hari, biasa nek ke sawah kan suka lali wayah. Sore hari memang waktu yang bagus untuk penanaman pepaya Amerika ini.

Cara Perawatan Pepaya Amerika

Siramlah tanduran pepaya tadi dengan air secukupnya, jangan sampai menggenang, biar gak bosok pohonnya. harus dilakukan secara rutin, misalnya 2 hari sekali. Kalau hujan, cepat-cepatlah buat aliran air agar tidak mbethok di tengah2 galengan.

Jangan lupa kasih Pupuk kandang saat usia 1 minggu sekitar 40 gram/tanaman, jika sudah 2 minggu ganti pakai pupuk NCL 200 gram/tanaman. setelah itu setiap 3 bulan sekali dengan pupuk NCL dan pupuk kandang.

Daun Pohon pepaya yang mengganggu juga harus di cuklek agar pepaya bisa tumbuh lebat.

Cara Panen

Kapan panennya? ya panennya kalau sudah berwarna kuning, semu kuning, sekitar 7-9 bulanan, tergantung faktor alamnya. Lama memang dalam investasi budidaya tanaman Pepaya ini, tapi lebih lama jika namdur Jati.

Untuk hasilnya pepaya california (pepaya amerika) ini bisa dipanen setiap 4 hari sekali. Sampai pohon pepaya itu innalilahi … (maka jangan lupa dirawat).

Harga per kilo buah pepaya california ini berapa? ya bisa dilihat dipasaran, ada yang 5ribuan sampe 10 ribuan, coba dikalikan perhari ada 100 buah yang dipanen. jadi berapa ribu ribu ribu an.. iso nggo tuku rokok sama kopi.

Ok sekian dulu ya bagaimana cara budidaya tanaman pepaya california (kates amerika)

salam tani ~

avatar