Jaman sekarang ini masih banyak petani yang menggunakan Pupuk Kimia sebagai pupuk untuk membasmi hama pertanian. Akhir-akhir ini para Petani Desa diberikan pilihan-pilihan soal penggunanaan Pupuk, dimana salah satu pilihannya yaitu menggunakan Pupuk Organik Cair Kencing Kelinci.

Pupuk organik cair berbahan baku air dari Kencing Urine Kelinci memiliki unsur hara yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi tanaman pertanian seperti padi, jagung, polowijo, dll.

Di daerah Klaten Boyolali juga sudah banyak petani yang mengetahui manfaat dan cara membuat Pupuk Organik Cair dari Kencing Kelinci.

Pupuk Kencing Kelinci Giritontro
Advertisement

masalahnya adalah belum belum menjadi kebiasaan seperti yang dilakukan petani seperti biasanya yang hanya menggunakan cara konvensional.

ada yang pesimis dulu, nanti malah tekor, nanti malah gak panen, nanti malah gagal panen dan sebagainya.

Manfaat Pupuk Organik Kencing Kelinci

Manfaat dari penggunaan pupuk organik cair / pupuk kencing kelinci adalah :

  • Untuk Menambah Unsur Hara (Makro maupun Mikro) dalam tanah.
  • Untuk tanaman khasiatnya banyak, diantaranya Untuk Pertumbuhan vegetatif yang tak rentan terhadap penyakit.

Kenapa harus memakai Pupuk Kencing Kelinci?

Karena, dari kencing kelinci itu unsur hara yang didapat dari nitrogennya itu 23,3 persen, phosphornya itu sekitar 17,3 persen, dan kaliumnya itu 0,5 persen. Artinya, unsur haranya ini lebih tinggi dibandingkan unsur lainnya.

Untuk biaya pembuatan pupuk organik cair sebetulnya lebih irit dibandingkan dengan membeli pupuk di pasaran. Pembuatannya pun tidak sulit.

Yang pertama harus ada kelinci, kalau tidak punya ya peliharalah setidaknya 5 kelinci, pakan kelinci juga mudah didapat, kasih bekatul dicampur kangkung.

Bahan Membuat Pupuk Kencing Kelinci

bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Pupuk Oranik Kencing Urine Kelinci adalah :

  1. Kencing/ Urine Kelinci, didapatkan dari saluran pembuangan kandang kelinci.
  2. Air Kelapa
  3. Terasi
  4. Gula Putih

Dalam proses pembuatan pupuk organik cair dibutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melalui proses fermentasi. Memang Hasil Fermentasi Air Kencing Kelinci Inilah yang membuat subur tanaman.

Karena proses yang lama maka membuat para petani lebih memilih membeli pupuk kimia dipasaran.

Dengan membuat sendiri pupuk organik cair, petani bisa menghemat 50 persen dari biaya yang biasa dikeluarkan untuk membeli pupuk.

Namun, kendala dari para petani itu biasanya malas bikin, karena perlu waktu untuk membuatnya. banyak dari para petani lebih memilih yang simple dengan membeli pupuk kimia (urea). Padahal, urea itu kan berbahan kimia, jadi ada efeknya buat manusia.

Para petani harus mulai memanfaatkan pupuk organik, tujuannya agar tanaman tidak banyak memakai bahan kimia. Pupuk organik juga tidak akan merusak tanah dan tanaman pertanian.

avatar